Games engineering sangatlah menarik untuk dibahas, karena dalam
pembuatan games sendiri diperlukan gabungan dari berbagai disiplin ilmu
mulai dari aspek sosial sampai aspek eksak. Multithreading sangat
diperlukan dalam games engineering, karena dalam sebuah games diperlukan
adanya pemrosesan yang berjalan bersama2 misalnya ketika kita membuat
games realtime strategi seperti red alert, berapa banyak thread yang
dibutuhkan ??, apalagi kalo membuat games seperti football manager (my
favourite) dimana setiap club bahkan setiap pemain akan mempunyai
perubahan perilaku, skill, usia, mood, technique dll dalam siklus
tertentu. Dalam dunia nyata-pun tak dapat dipisahkan, simpelnya saja nih
… ketika kita browsing browser membuka banyak tab dan tiap2 tab
mengkses halaman web yang berbeda itu juga merupakan proses
multithreading, sedangkan disisi server seperti webserver akan membuat
thread jika ada request yang masuk.
Dalam java untuk membuat thread ada 3 cara :
- Menurunkan class Thread (Extends)
- Mengimplementasikan interface Runnable
- Menggunakan anonymous inner class
Download Tulisan Lengkap: amru-thread_games.pdf
0 komentar:
Posting Komentar