Penataan Blok 3G Selesai, Telkomsel Batal Digeser



Jakarta - Penataan blok 3G di frekuensi 2.1 GHz untuk second carrier akhirnya selesai dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hasilnya, Telkomsel tidak jadi pindah blok. Lalu operator lain?

Dijelaskan Menkominfo Tifatul Sembiring, Telkomsel yang semula didesak untuk bergeser akhirnya tetap menempati posisinya semula di blok 4 dan 5. Namun Axis diberikan kanal kedua yang contigous (berdampingan), yaitu di blok 2 dan 3. 

Sementara HCPT -- pemilik brand seluler 3 (Tri) -- mendapat tambahan second carrier di blok 6. Pada sisi lain posisi Indosat (di blok 7 dan 8) dan XL (9 dan 10) tidak bergeser dari tempat semula.

Keputusan pembagian kanal ini pun sudah ditandatangani Menkominfo. Alhasil, Tifatul menjawab janjinya untuk merampungkan kemelut spektrum frekuensi 3G yang diperebutkan beberapa operator itu sebelum Desember 2011 usai. 

"Jadi, 5 operator 3G sudah sepakat dengan skema ini, dan sudah tanda tangan hitam di atas putih. Mereka juga setuju dengan rencana pemerintah yang akan menata ulang kanal 3G serta membuka peluang penambahan 3rd carrier di awal tahun 2012 ini," ujar Tifatul, dalam keterangannya, Rabu (14/12/2011).

"Dengan selesainya penataan 2nd carrier di kanal 3G ini, diharapkan penataan kanal-kanal frekuensi yang lain akan lebih lancar. Kita ingin merapikan semua frekuensi yang ada. Ini penting bagi alokasi kanal baru untuk penggunaan teknologi lanjutan spt tv digital, LTE dan lainnya," pungkas Tifatul.

0 komentar:

Posting Komentar