Robot akan Perbaiki Jaringan Komunikasi Daerah Bencana


Jakarta - Teknologi robotika dapat diimplementasikan dalam berbagai sektor untuk membantu umat manusia. Termasuk dalam penanggulangan bencana alam yang cukup marak terjadi di Indonesia.


Bahasan mengenai hal itu turut ditampilkan dalam konferensi internasional Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI). Tajuk konferensi adalah 2011 International Conference on Advanced Computer Science and Informations Systems (ICACSIS).

"Biasanya kala bencana, menara BTS rusak dan telekomunikasi terganggu. Kehadiran robot dapat berfungsi memperbaiki fungsi komunikasi ini," kata E. Budianto dari UI saat presentasi.

Penggunaan robot menghadirkan beberapa kelebihan dan tidak mengandung risiko. Sebab jika perbaikan jaringan komunikasi mengandalkan manusia, risikonya cukup besar mengingat bahaya daerah bencana.

Dalam riset ini, diperkenalkan metode jaringan komunikasi adaptif dengan teknologi mobile ad hoc network (MANET). Teknologi ini dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan bencana dalam aspek konfigurasi dan routing secara otomatis.

Hal tersebut dilakukan dengan membangun jaringan komunikasi memakai ad hoc routing protocol dalam kumpulan mobile robot sebagai pengambil keputusan.

Saat ini, riset tersebut baru sebatas dilakukan di laboratorium. Rencananya nantinya, akan diuji coba pada situasi bencana yang sesungguhnya.

Konferensi ICACSIS sendiri berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 17-18 Desember di Hotel Mercure, Jakarta. Acara yang dibuka dekan FKUI Prof. T. Basarudin Ph.D ini menghadirkan para akademisi ilmu komputer kelas dunia dari dalam dan luar negeri.

Seperti Prof Dr Hajime Miyauchi dari Kunamoto University, Jepang. Ia memaparkan presentasi tentang Electric Power System Simulation.

Pembicara lain datang dari universitas berbagai negara seperti University of Queensland, Coventry University sampai University of London. Masing masing menjabarkan topik mengenai kegunaan ilmu komputer dalam beragam bidang.

0 komentar:

Poskan Komentar