Singkirkan Netbook, Dell Fokus buat Laptop Tipis


Jakarta - Dell sepertinya tak lagi tertarik menjual netbook. Kelas laptop kategori 10 inch ini tergantikan oleh fokus Dell pada laptop super tipis yang menyajikan performa lebih nyata, satu hal yang diklaim Dell tidak dimiliki netbook. 

"Dulu kami menjual seri Dell Mini. Kini kami fokus pada solusi menghadirkan perangkat tipis dan powerful yang kami yakini telah menuai sukses, khususnya di line XPS yang kami miliki," kata Matthew Hutchison, Director Global Consumer Dell. 

Ditambahkan Hutchison seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (16/12/2011), fokus Dell di ranah mobile consumer saat ini adalah pada produk laptop tipis.

Seperti diketahui, produk netbook memulai debutnya di 2008. Intel sebagai penguasa pasar chip menyebutkan, pada Agustus 2010 sekitar 70 juta prosesor Atom besutannya dikapalkan untuk kebutuhan laptop berukuran kecil itu. 

Selanjutnya, Apple membuat gebrakan dengan merilis iPad. Vendor komputer lain pun mengikuti jejak Apple. Perlahan, jenis komputer tablet merangsek pasar komputer pada pertengahan kedua 2010. Sejak saat itu, berbagai laporan analisa mengklaim nasib netbook berubah dan mulai terpinggirkan. 

Selain tablet, vendor komputer saat ini juga berlomba menghadirkan laptop super tipis yang disebut sebagai Ultrabook. Daya tarik laptop jenis ini, selain desainnya yang sangat tipis dan menawan, juga menjanjikan performa lebih tangguh dibandingkan netbook. Nah, mungkin hal ini juga yang menjadi pertimbangan Dell.

0 komentar:

Posting Komentar